PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Ririn Indah Kusumadewi Unirow Tuban
  • Candra Aeni

Keywords:

Alat evaluasi; online; quizizz

Abstract

ABSTRAK

Pada masa pandemi covid 19 membuat kegiatan evaluasi  pembelajaran menjadi terhambat, karena terbatasnya kegiatan pembelajaran dan tatap muka akan sulit jika melakukan sebuah kegiatan evaluasi, maka dari itu peneliti memanfaatkan media sosial sebagai alat evaluasi agar peserta didik tidak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa alat evaluasi pembelajaran online menggunakan aplikasi quizizz. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Borg & Gall. Model ini mempunyai 10 tahap pengembangan. Mengingat keterbatasan waktu serta terkendalanya proses belajar mengajar karena adanya covid-19 yang ada di Indonesia, maka langkah-langkah tersebut disederhanakan menjadi 6 langkah pengembangan yaitu Tahap pengumpulan data, Tahap Perencanan, Tahap Pengembangan Produk, Revisi Produk, Uji Coba, Implementasi. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Dalam hal ini peneliti mengembangkan alat evaluasi pembelajaran yang kemudian diuji oleh tiga Ahli Validasi, yaitu validasi evaluasi, validasi materi, dan validasi Praktisi. Yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan evaluasi pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. Data dari validasi Ahli Evaluasi adalah 94, 79% dinyatakan sangat valid. Ahli materi sebesar 96,87% dinyatakan sangat valid. Ahli Praktisi sebesar 92,70% dinyatakan sangat valid, sehingga analisis dari tiga ahli tersebut dicari nilai intraclass corelation yaitu dengan hasil 0,52 yang dikatakan cukup reliabel. Mengacu pada kriteria tingkat kevalidan produk menurut Arikunto (2014). Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk alat evaluasi pembelajaran online menggunakan aplikasi quizizz adalah layak digunakan untuk pembelajaran/penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Amomchewin, Ratchadapom. 2018. The Development of SQL Language Skil in Data Definition and Data Manipulation Language Using Exercises with Quizizz for Student’ Learning Engagement. Indonesia Journal of Informatics Education. Vol.2, Issue 2, pp 85-90, (online), (https://www.leamtechlib.org/p/208844/), diakses 7 April 2021.

[2] Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016

[3] Bahar, Ayunara. Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz. Tersedia pada https://www.ahzaa.net/2017/08/membuat-kuis-interaktif-kelas-dengan.html (diakses 16 April 2021)

[4] Boulden, Cadieux Danielle, Hurt, June W: and Richard, Mary Kathleen, 2017. Implementing Digital Tolls to Support Student Questioning Abilities: A Collaboratve Action Research Report. Journal Inquiry in Education. Vol.9, Issue 1, article 2. (online), (https://eric.ed.gov/?=EJ1171738), diakses 7 April 2021.

[5] Cahya Kurnia Dewi, 1995 Pengembangan Alat mengunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Disertasi Tidak Diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

[6] Isratul Aini, Yulia. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkul. Jurnal Kependidikan 2. 25 (2019).

[7] Kurnia Dewi Cahya. 2018, Pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi kahoot pada pembelajaran matematika kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

[8] Muhammad Gustiawan Iqbal, Wan. 2017.
Pengembangan alat evaluasi berbasis whondershare quiz creator pada materi koloid kelas XI di SMA koperasi Pontianak. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: Universitas Muhamadiyah Pontianak.

[9] Novalia. Dan Muhammad Syazali,. Olah Data Penelitian Pendidikan. Lampung: Aura, 2014.

[10] Permatasari, Arvynda. 2014. Pengelolaan Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Secara Online. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 24 No. 3.

[11] Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

[12] Sugiono, 2019. Metode pendidikan: kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.

[13] Wahidmumi. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

[14]Wikipedia.2016. Ekonomi.Online.Tersedia: (https://id.wikipedia.org/wiki/ekonomi). diakses 15 April 2021

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Kusumadewi, R. I., & Aeni, C. (2022). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(01), 17–25. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/426