PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KLINIK HALFAZ BEUATYCARE
Abstract
Penelitian yang berjudul Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Klinik Halfaz Beautycare ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh bukti fisik terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh kehandalan terhadap kepuasan pelanggan, (3) pengaruh daya tanggap terhadap kepuasan pelanggan, (4) pengaruh jaminan terhadap kepuasan pelanggan, (5) pengaruh empati terhadap kepuasan pelanggan, (6) pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 80 pelanggan Klinik HalfazBeautycare sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling accidental. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji R2. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data brdistribusi normal, tidak terjadi heteros kedastisitas dan multikolinearitas. Dalam uji F diketahui bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Pada uji t diketahui bahwa variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada uji R2 diketahui sebesar 0,662 atau 66,2%.
Downloads
References
Weenas, RS, Jackson. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1 (4), 607-618.
Cahyani, Meithiana. 2019.
Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Syahbana, Donny. 2016. Pengaruh Lima Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Susu Warga Mulya Purwobinangun Pakem Sleman. Disertasi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sriwidodo, Untung., & Indriastuti, Tri, Rully. 2010. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 10 (2), 164- 173.
Muliaty. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 6 (1), 78-82.
Mansur, T. 2008. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Bagian Bina Sosial Setdako Lhokseumawe. Disertasi Tidak Diterbitkan. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatra Utara.
Panjaitan, Efendi, Januar., & Yuliati, Lili, Ai. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajamen, 11 (2), 265-289.
Anshori, Muslich,. & Iswati, Sri. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Yusup, Febrianawati. 2018. Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7 (1), 17-23.
Marlius, Doni. 2017. Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukit Tinggi Dilihat Dari Kualitas Pelayanan. Jurnal Pundi. 1 (3), 237-250.
Miftah, M. 2013. Model dan Format Instrumen Preview Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Tektodik. 13 (2), 107-116.
Sugiyono. 2016. Metodologi Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Priyanto. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offest.
Siregar, Sfyan. 2014. Metode PenelitianKuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Windrayadi, Y. D. P. (2022). Pendidikan Ekonomi Informal Keluarga Nelayan Di Desa Palang Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(1), 58-64.