PENGARUH KERJA PART-TIME DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
Keywords:
Kerja Part-time; Aktivitas Belajar; Prestasi akademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kerja part-time terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban 2) pengaruh Aktivitas Belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban 3) pengaruh kerja part-time dan aktivitas belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang melakukan kerja part-time dengan sample
50 mahasiswa/mahasiswi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sedangkan analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas , uji asumsi klasik, Uji regresi secara parsial (uji t) dan uji regresi secara simultan (uji f)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan : 1) kerja part-time terhadap prestasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0,491 dengan nilai positif, nilai determinasi 0,522, 7,235 > 2,010 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 2) Aktivitas Belajar terhadap prestasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0,798 dengan nilai positif, nilai determinasi 0,330, 4,866 > 2,010 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 3) kerja part-time dan aktivitas belajar terhadap prestasi akademik koefisien regresi 0,775 nilai deteminasi 0,600 dan perhitungan uji f 35,323 > 3,20
Downloads
References
Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sardiman A.M 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, N (2004). Dasar – Dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Witherington, C 2003.Psikologi Pendidikan Terjemahan M. Ngalim Purwanto. Jakarta:Remaja Rindu Jaya.
Iqbal Hasan, 2008 ,Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta:Bumi aksara
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta CV.
Priyatno Dwi. 2009. Mandiri belajar SPSS. Mediakom. Yogyakarta: Mediacom
Gunawan Sudarmanto. 2005. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Geaha Ilmu
Suwarsono.2018. dampak kuliah sambil bekerja terhadap indeks prestasi mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta dikabupaten jember tahun 2017. Jurnal Relasi. Vol XIV, No. 02:15– 27)
Aunurrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran.Cetakan Ke9.Bandung:Penerbit alfabeta
Lexy J. Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke- 36.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mardelina. "Pengaruh Kerja Part Time Terhadap Aktivitas Belajar Dan PrestasiAkademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta".10 Oktober 2018. Eprints. UNY
Misbahuddin Glagah, Mahestya, Y & Sri, Umi, M, W. 2019. Analisis prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja part-time di jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi universitas negeri malang angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 12 , No.1: 46-52
Sri, Septiyaningsih. 2017. Pengaruh Aktivitas Belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. Vol 6, No. 3: 267-275
Munir, S., Merlinda, S., Soesilo, Y. H., & Windrayadi, Y. D. P. (2021). Experience-Based Learning Models in Entrepreneurship Courses: An Innovation to Promote Entrepreneurship Based on Local Wisdom. KnE Social Sciences, 341-350.