PENGARUH KERJA PART-TIME DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Penulis

  • Winda Ayu Alvionita Unirow Tuban
  • Yosia Dian Purnama Windrayadi Unirow Tuban
  • Hendra Purwanto Unirow Tuban

Kata Kunci:

Kerja Part-time; Aktivitas Belajar; Prestasi akademik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kerja part-time terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban 2) pengaruh Aktivitas Belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban 3) pengaruh kerja part-time dan aktivitas belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang melakukan kerja part-time dengan sample

50 mahasiswa/mahasiswi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sedangkan analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas , uji asumsi klasik, Uji regresi secara parsial (uji t) dan uji regresi secara simultan (uji f)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan : 1) kerja part-time terhadap prestasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0,491 dengan nilai positif, nilai determinasi 0,522,  7,235 >   2,010 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 2) Aktivitas Belajar terhadap prestasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 0,798 dengan nilai positif, nilai determinasi 0,330,   4,866 >    2,010 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 3) kerja part-time dan aktivitas belajar terhadap prestasi akademik koefisien regresi 0,775 nilai deteminasi 0,600 dan perhitungan uji f  35,323 >   3,20

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sardiman A.M 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, N (2004). Dasar – Dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Witherington, C 2003.Psikologi Pendidikan Terjemahan M. Ngalim Purwanto. Jakarta:Remaja Rindu Jaya.

Iqbal Hasan, 2008 ,Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta:Bumi aksara

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta CV.

Priyatno Dwi. 2009. Mandiri belajar SPSS. Mediakom. Yogyakarta: Mediacom

Gunawan Sudarmanto. 2005. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Geaha Ilmu

Suwarsono.2018. dampak kuliah sambil bekerja terhadap indeks prestasi mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta dikabupaten jember tahun 2017. Jurnal Relasi. Vol XIV, No. 02:15– 27)

Aunurrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran.Cetakan Ke9.Bandung:Penerbit alfabeta

Lexy J. Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke- 36.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardelina. "Pengaruh Kerja Part Time Terhadap Aktivitas Belajar Dan PrestasiAkademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta".10 Oktober 2018. Eprints. UNY

Misbahuddin Glagah, Mahestya, Y & Sri, Umi, M, W. 2019. Analisis prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja part-time di jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi universitas negeri malang angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 12 , No.1: 46-52

Sri, Septiyaningsih. 2017. Pengaruh Aktivitas Belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. Vol 6, No. 3: 267-275

Munir, S., Merlinda, S., Soesilo, Y. H., & Windrayadi, Y. D. P. (2021). Experience-Based Learning Models in Entrepreneurship Courses: An Innovation to Promote Entrepreneurship Based on Local Wisdom. KnE Social Sciences, 341-350.

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Winda Ayu Alvionita, Yosia Dian Purnama Windrayadi, & Hendra Purwanto. (2022). PENGARUH KERJA PART-TIME DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(02), 62–67. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/504

Terbitan

Bagian

Articles