ANALISIS RISIKO KREDIT UNTUK MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT DEBITUR BERMASALAH PADA PT. BPR DAMATA ARTHANUGRAHA LAMONGAN
Kata Kunci:
Risiko Kredit; Kredit BermasalahAbstrak
Bank sebagai perantara masyarakat yang memiliki dana lebih dengan masyarakat yang membutuhkan dana, maka usaha utama yang dilakukan oleh bank ialah kegiatan-kegiatan terhadap sektor penyaluran dana atau yang disebut Perkreditan. Dalam usaha Penyaluran dana tidak lepas dengan adanya risiko terhadap kegagalan pembayaran atau kemacetan pelunasan, yang mana debitur tidak bisa lagi untuk membayar kreditnya. Begitu pula terhadap PT. BPR Damata Arthanugraha yang terletak di Kabupaten Lamongan Jawa Timur tidak lepas dengan adanya kredit yang bermasalah, untuk menghindari hal ini terjadi diperlukan manajemen Risiko Kredit yang efektif sehingga mampu untuk menurunkan kredit yang bermasalah. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui apakah manajemen kredit yang diterapkan PT. BPR Damata Arthanugraha dapat menurunkan terjadinya kredit bermasalah dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT. BPR Damata Arthanugraha sudah efektif dalam pengelolaan kredit serta menurunkan jumlah kredit yang bermasalah dengan menggunakan analisis 5C dan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Faktor penyebab kredit bermasalah adalah nasabah yang tidak memiliki niat yang baik dalam pembayaran kreditnya, PT. BPR Damata Arthanugraha melakukan tindak lanjut untuk menurunkan jumlah kredit bermasalah dengan cara melakukan Peringatan tertulis pada debitur 1-3x, Mendatangi debitur bersama tim, Debitur akan dibawa ke hukum cukup efektif serta ditinjau dari kolektibility tahun 2019-2021 kredit bermasalah tiap tahunnya mengalami penurunan dari tahun 2019 sebesar 15,8% , tahun 2020 sebesar 15,2%, sampai tahun 2021 menurun 12,6%.
Unduhan
Referensi
Antonio, Muhammad Syafi’I, 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik, Penerbit Gema Insani, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Arthesa, Ade & Edia Hardiman. 2006. Bank & Lembaga Keuangan Bukan Bank. PT Indeks, Jakarta.
Fathurrahman, Ahmad Hotib,Dudi Rusyadi, 2008.Tafsir Al-Qurthubi, Penerbit Pustaka Azzam, Jakarta
Firdaus, Rachmat dan Maya Ariayanti, 2009. Manajemen Perkreditan Bank Umum, Penerbit ALFABETA, Bandung.
Hasibuan, Malayu, 2001. Dasar-Dasar Perbankan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang, 1999. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Kasmir, 2000. Manajemen Perbankan, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kasmir, 2002. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi keenam, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.
Manurung, Mandala & Pratama Rahardja, 2004. Uang, Perbankan,dan Ekonomi Moneter (Kajian Kontekstual Indonesia), Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Munir, Misbahul, 2007. Ajaran-Ajaran Ekonomi Rasulullah, Penerbit UIN Malang PRESS, Malang.
Muhammad, 2005. Manajemen Pembiayaan Bank Syari’ah, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta
Ningrum, Yanik Ristina, 2007. Aplikasi Manajemen Kredit Terhadap Peningkatan Rentabilitas PT. BPR Hamindo Natamakmur Pare Kediri. Skripsi Jurusan Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi UIN Malang
Wahidah, Nurul, (2003). Analisis Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Sebagai Upaya Meningkatkan Rentabilitas pada PT. BPR Bumi Rinjani, Skripsi Jurusan Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi UIN Malang
Wahyutin, Ema Dlauatul, 2009. Analisis Manajemen kredit Guna Menekan Terjadinya Kredit Macet (Studi pada Koperasi ”Usaha Tama” Ponggok Blitar), Skripsi Jurusan Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi UIN Malang