EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMK
Kata Kunci:
treffinger learning, metacognitive strategy, ability to think creatively, mathematicAbstrak
This research is motivated by the lack of ability to think creatively mathematics vocational students. As an alternative solution are teaching students with learning Treffinger with metacognitive strategies. This study aimed to test: 1) whether there is a significant difference in average ability to think creatively math class X SMK PGRI 2 Tuban in the academic year 2015/2016 the students that learned by learning Treffinger with metacognitive strategies with students that learned with conventional study; 2) learning is more effective to improve the ability to think creatively math class X SMK PGRI 2 Tuban 2015/2016 academic year among the students that learned by learning Treffinger with metacognitive strategies with students that learned with conventional learning? This type of research is an experimental research with a quantitative approach. The subjects of this study are students of class X SMK PGRI 2 Tuban in the academic year 2015/2016. The instrument used was a test of creative thinking ability in mathematics. To analyze the data in this study used the t test. The results of the study concluded that there was a statistically significant difference in average ability to think creatively math class X SMK PGRI 2 Tuban in the academic year 2015/2016 the students that learned by learning Treffinger with metacognitive strategies with students that learned with conventional learning.
Unduhan
Referensi
Huda, Mifthahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Murni, Atma. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Kontekstual. Online. Tersedia : http://eprints.uny.ac.id/10499/1/P11-Atma.pdf. Diakses 19 April 2016.
Pamalato, W. Dj. Sarson. 2006. Mengembangkan Kreativitas Matematik Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Model Treffinger. Online. Tersedia : http://repository.upi.edu/8060/7/d_ mtk_049. Diakses 1 Mei 2016
Permata, Siska Putri dkk. 2012. Penerapan Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2
Padang. Online Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id/students/i ndex.php/pmat/article/download/1
148/840. Diakses 24 Maret 2016
Ramayanti, Fitri. 2010. Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Online: http://mulok.library.um.ac.id/home.php?s_data=Skripsi&id=41307&mod=b&cat=4&s_field=2&s_teks=kelas&fulltext=2&s_teks2=&star t=560&page=5640. Diakses 21 April 2016.
Warli. 2013. Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Online. Tersedia : http://library.um.ac.id/55290.pdf. diakses 3 Mei 2016.
Wikipedia. 2016. Metakognitif. Online. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/metak ognitif. di akses 23 Mei 2016
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.