IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN NEUROSAINS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Penulis

  • Putri Isu Wachufyah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Heny Sulistyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.477

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Neurosains, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih kurangnya pemahaman siswa pada materi yang disampaikan mengakibatkan siswa kesulitan dalam memecahkan permasalahan matematika. Tujuan penelitin ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan implementasi problem based learning dengan pendekatan neurosains terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen desain control group pre-test-post-test. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tuban, dengan sampel penelitian siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan jika terdapat pengaruh yang signifikan implementasi penerapan problem based learning dengan pendekatan neurosains kemampuan pemecahan masalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad. (2019). Pembelajaran dengan Pendekatan Neurosains dalam Perkembangan Teknologi 4.0. Prosiding DPNPM Unindra ,2019,Jakarta, Indonesia 497–502

Agustina. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa S1 Tadris Matematika IAIN Bengkulu. Jurnal Equcation : Teori Dan Penelitian Matematika,1(1), 25–38.

Chamidiyah.(2015). Pembelajaran Melalui Brain Based Learning dalam Guruan Anak Usia Dini .Edukasia:Jurnal Penelitian Guruan Matematika. 10(2), 279–300.

Eismawati, dkk.(2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD.Jurnal Mercumatika:Jurnal Penelitian Matematika dan Guruan Matematika. 3(2), 71–78.

Erwin. (2019) Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Neurosains Melalui Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Burau Kabupaten Luwu Timur.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan..Institut Agama Islam Negeri Palopo. Palopo.

Meilasari dkk. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Guruan Biologi dan Sains.3(2), 195-207

Yuliani.(2021).Penerapan Teori Neuroscience Pada Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Guruan, 7(3), 1-18

Yulianti dan Gunawan. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education,02(3), 399–408.

Palennari. (2018). Problem Based Learning ( PBL ) Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pebelajar Pada Pembelajaran Biologi Problem Based Learning ( PBL ) Empowering Student Critical Thinking Skills at Biological Learning. Proseding Seminar Biologi Dan Pembelajarannya, 5 Mei 2018, Makasar, Indonesia, hal. 599–608.

Purba dan Lubis. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31.

Rosydiana. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-26

Cara Mengutip

Wachufyah, P. I., & Sulistyaningrum, H. (2022). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN NEUROSAINS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP . Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 79–88. https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.477

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama