Analisis dan Desain Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Penulis

  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe
  • Agus Wardhono Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mochamad Andik Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.948

Kata Kunci:

pengembangan, media pembelajaran, power point, literasi sains, berpikir kritis

Abstrak

Kehidupan pada  abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang agar menjadi pribadi berkompeten, kompetitif, dan sukses dalam hidup. yang dikenal dengan 21st century skills. Salah satu keterampilan abad ke-21 yang sangat penting bagi mahasiswa adalah keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif power point iSpring Suite 8 berbasis literasi sains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pengembangan media pembelajaran interaktif power point iSpring Suite 8 berbasis literasi sains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan  menerapkan model pengembangan ADDIE yang yang terdiri dari 5 tahap, yaitu  analyze, design, develop, implement, and evaluate. Model ADDIE dipilih karena strukturnya yang sistematis dan interaktif dimana hasil evaluasi setiap tahap dapat membawa pengembangan ke tahap selanjutnya. Hasil analisis tahap 1 digunakan sebagai acuan pada tahap 2(design). Artikel ini mengupas hasil dari proses pengembangan media pembelajaran pada tahap 1(analyze) dan  tahap 2 (design).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

D. Ariyanti, M. ., and H. ., “MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS iSpring Suite 8”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 381, May 2020.

Hidayati, Y., & Sinaga, P. (2019). The profile of critical thinking skills students on science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1402(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/4/044075

Jasmansyah. (2021). ICT in Education Teori dan Praktik TIK dalam Pendidikan. Diakses dari https://pps.staisyamsululum.ac.id/wp-content/uploads/2022/11/ICT-in-Education_Jasmansyah_cetakan-ke2-1.pdf. Pada tanggal 26 Oktober 2023 pukul 21.00

Litbang, Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. Diakses dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.ph p/index-berita-kurikulum/243- kurikulum-2013-pergeseran-paradigmabelajar-abad-21. Pada tanggal 27 Februari 2018 pukul 10.57

Pemerintah Republik Indonesia. 2014. UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: LL Sekretariat Negara.

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Rizkianto, F., & Murwaningsih, T. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan berpikir kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 160–175

Rochmad, Agoestanto, A., & Kharis, M. (2018). Characteristic of critical and creative thinking of students of mathematics education study program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012076

Savira, Z., Rahmadina, A. ., Cahya, A. I. ., & Rohmani, R. (2023). Studi Literatur tentang Efektivitas Penggunaan iSpring Suite dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(02), 01–12. Diambil dari http://ojs.smkmerahputih.sch.id/index.php/juperan/article/view/241

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122.

Setyawin, Retno (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SD. Tesis tidak diterbitkan Tuban : Pascasarjana Unirow Tuban

Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.

Wardhono, A., Lichtinger, M., & Chavez, J. L. (2017). Education and Technology to Empower Teacher in Digital Era. THE PROCEEDINGS OF INTERNATIONAL CONFERENCE: Ronggolawe English Teaching Conference (RETCO), 7(1), 9–13.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Sulistyaningrum, H., Nuraida, D., Wardhono, A., & Andik, M. (2023). Analisis dan Desain Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 59–68. https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.948

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama