Analisis dan Desain Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.948Kata Kunci:
pengembangan, media pembelajaran, power point, literasi sains, berpikir kritisAbstrak
Kehidupan pada abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang agar menjadi pribadi berkompeten, kompetitif, dan sukses dalam hidup. yang dikenal dengan 21st century skills. Salah satu keterampilan abad ke-21 yang sangat penting bagi mahasiswa adalah keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif power point iSpring Suite 8 berbasis literasi sains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pengembangan media pembelajaran interaktif power point iSpring Suite 8 berbasis literasi sains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analyze, design, develop, implement, and evaluate. Model ADDIE dipilih karena strukturnya yang sistematis dan interaktif dimana hasil evaluasi setiap tahap dapat membawa pengembangan ke tahap selanjutnya. Hasil analisis tahap 1 digunakan sebagai acuan pada tahap 2(design). Artikel ini mengupas hasil dari proses pengembangan media pembelajaran pada tahap 1(analyze) dan tahap 2 (design).
Unduhan
Referensi
Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
D. Ariyanti, M. ., and H. ., “MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS iSpring Suite 8”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 381, May 2020.
Hidayati, Y., & Sinaga, P. (2019). The profile of critical thinking skills students on science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1402(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/4/044075
Jasmansyah. (2021). ICT in Education Teori dan Praktik TIK dalam Pendidikan. Diakses dari https://pps.staisyamsululum.ac.id/wp-content/uploads/2022/11/ICT-in-Education_Jasmansyah_cetakan-ke2-1.pdf. Pada tanggal 26 Oktober 2023 pukul 21.00
Litbang, Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. Diakses dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.ph p/index-berita-kurikulum/243- kurikulum-2013-pergeseran-paradigmabelajar-abad-21. Pada tanggal 27 Februari 2018 pukul 10.57
Pemerintah Republik Indonesia. 2014. UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: LL Sekretariat Negara.
Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648
Rizkianto, F., & Murwaningsih, T. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan berpikir kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 160–175
Rochmad, Agoestanto, A., & Kharis, M. (2018). Characteristic of critical and creative thinking of students of mathematics education study program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012076
Savira, Z., Rahmadina, A. ., Cahya, A. I. ., & Rohmani, R. (2023). Studi Literatur tentang Efektivitas Penggunaan iSpring Suite dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(02), 01–12. Diambil dari http://ojs.smkmerahputih.sch.id/index.php/juperan/article/view/241
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122.
Setyawin, Retno (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SD. Tesis tidak diterbitkan Tuban : Pascasarjana Unirow Tuban
Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.
Wardhono, A., Lichtinger, M., & Chavez, J. L. (2017). Education and Technology to Empower Teacher in Digital Era. THE PROCEEDINGS OF INTERNATIONAL CONFERENCE: Ronggolawe English Teaching Conference (RETCO), 7(1), 9–13.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.