Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Didik SD Kelas 1 SD Materi Bentuk-Bentuk Bangun
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1123Keywords:
Project Best Learning, Matamatika, Hasil belajarAbstract
The purpose of this study is to improve student learning outcomes in the cognitive and psychomotor domains through the application of Project Based Learning learning models. This type of research is classroom action research (CAR). The CAR model used by C. Kemmis & Mc Taggart spiral model was implemented in 2 cycles. Data collection techniques are test techniques and non-test techniques. Research instruments using items and observation sheets. The data analysis technique used is descriptive comparative. Based on the results of the study showed that cognitive domain learning outcomes based on the percentage of pre-cycle learning completeness, cycle I and cycle II amounted to 41.67%; 50%; 75%. While the psychomotor domain learning outcomes based on the percentage of pre-cycle learning completeness, cycle I and cycle II were 50%; 75%; 91.67%. Thus the application of a Project Based Learning model can improve student learning outcomes in the cognitive and psychomotor domains of grade 1 students of SD.
Downloads
References
Azizah, A. N., & Wardani, N. S. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 194–204. https://www.academia.edu/download/57808644/7._JARTIKA-Aninda-194-204.pdf
Ashari Hamzah, R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). R.Anshari Hamzah, R.Mesra, K.BR karro et al. 2023. Strategi Pembelajaran Abad 21 PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Anak didik Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.
Haris, A. (2024). P-issn: 2614-1051 & e-issn: 2716-5019. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8, 148–156.
Jumroh, S. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Anak Didik Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Perintis 2 Bandar Lampung. In repository.radenintan.
Mukin, M. U. J., & Maing, M. M. (2018). Integrasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak didik pada Materi Mekanika Fluida. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2018 “Membumikan Fisika Dan Pembelajaran Fisika Dalam Membangun Kearifan Global,” 174–179.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Nurohman, S. (2015). Pendekatan Project Based Learning. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–20.
Sarce, L., Sapari, J., Watak, S. R., Montang, R. D., & Kunci, K. (2023). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru Di Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 137–144.
Sudirman, F. (2017). Farida Sudirman 20600113020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.