Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Didik SD Kelas 1 SD Materi Bentuk-Bentuk Bangun

Penulis

  • Miftahul Baiah Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1123

Kata Kunci:

Project Best Learning, Matamatika, Hasil belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral C. Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika ranah kognitif berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 41,67%; 50%; 75%. Sedangkan hasil belajar matematika ranah psikomotor berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 50%; 75%; 91,67%. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor siswa kelas 1.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azizah, A. N., & Wardani, N. S. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 194–204. https://www.academia.edu/download/57808644/7._JARTIKA-Aninda-194-204.pdf

Ashari Hamzah, R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). R.Anshari Hamzah, R.Mesra, K.BR karro et al. 2023. Strategi Pembelajaran Abad 21 PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.

Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Anak didik Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Haris, A. (2024). P-issn: 2614-1051 & e-issn: 2716-5019. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8, 148–156.

Jumroh, S. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Anak Didik Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Perintis 2 Bandar Lampung. In repository.radenintan.

Mukin, M. U. J., & Maing, M. M. (2018). Integrasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak didik pada Materi Mekanika Fluida. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2018 “Membumikan Fisika Dan Pembelajaran Fisika Dalam Membangun Kearifan Global,” 174–179.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Nurohman, S. (2015). Pendekatan Project Based Learning. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–20.

Sarce, L., Sapari, J., Watak, S. R., Montang, R. D., & Kunci, K. (2023). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru Di Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 137–144.

Sudirman, F. (2017). Farida Sudirman 20600113020.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Baiah, M. (2024) “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Didik SD Kelas 1 SD Materi Bentuk-Bentuk Bangun”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(2), hlm. 89–96. doi: 10.55719/jrpm.v6i2.1123.

Terbitan

Bagian

Articles