Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Didik SD Kelas 1 SD Materi Bentuk-Bentuk Bangun
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1123Kata Kunci:
Project Best Learning, Matamatika, Hasil belajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral C. Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika ranah kognitif berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 41,67%; 50%; 75%. Sedangkan hasil belajar matematika ranah psikomotor berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 50%; 75%; 91,67%. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor siswa kelas 1.
Unduhan
Referensi
Azizah, A. N., & Wardani, N. S. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 194–204. https://www.academia.edu/download/57808644/7._JARTIKA-Aninda-194-204.pdf
Ashari Hamzah, R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). R.Anshari Hamzah, R.Mesra, K.BR karro et al. 2023. Strategi Pembelajaran Abad 21 PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Anak didik Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.
Haris, A. (2024). P-issn: 2614-1051 & e-issn: 2716-5019. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8, 148–156.
Jumroh, S. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Anak Didik Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Perintis 2 Bandar Lampung. In repository.radenintan.
Mukin, M. U. J., & Maing, M. M. (2018). Integrasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak didik pada Materi Mekanika Fluida. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2018 “Membumikan Fisika Dan Pembelajaran Fisika Dalam Membangun Kearifan Global,” 174–179.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Nurohman, S. (2015). Pendekatan Project Based Learning. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–20.
Sarce, L., Sapari, J., Watak, S. R., Montang, R. D., & Kunci, K. (2023). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru Di Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 137–144.
Sudirman, F. (2017). Farida Sudirman 20600113020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.