TANTANGAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL MATEMATIKA SMK BERBASIS HOTS DI MASA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Ahmad Miftahuddin Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban
  • Edy Nurfalah
  • Rita Yuliastuti

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.321

Kata Kunci:

Kesulitan Guru, Menyusun Soal Matematika, HOTS, Pandemi Covid 19

Abstrak

Penelitian berdasarkan program merdeka belajar yang berkaitan dengan penerapan soal HOTS yaitu pada tujuannya supaya siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Berdasarkan data menurut (1) programme for international student assessment (PISA) tahun 2012 adalah 375, tahun 2015 adalah 386, dan tahun 2018 adalah 379 untuk soal matematika. Rendahnya PISA disebabkan guru kesulitan dalam menyusun soal-soal matematika terutama berbasis HOTS sehingga soal matematika sulit dipahami oleh sebagian siswa. Hal tersebut dipertegas hasil observasi, bahwa selama pandemi covid 19 pembelajaran dilaksanakan daring dengan media terbatas whatsapp dan zoom sehingga penerapan soal HOTS sulit terutama penyusunannya. Maka, penulis melakukan penelitian bertujuan mengetahui tingkat kesulitan guru dalam menyusun soal matematika berbasis HOTS di masa pandemi. Diperoleh rumusan masalah yaitu; 1) bagaimana tingkat kesulitan guru dalam menyusun soal matematika berbasis HOTS di masa pandemi ?, 2) bagaimana tingkat pemahaman guru dalam menyusun soal HOTS ?, 3) bagaimana cara guru mengatasi kesulitan menyusun soal HOTS ?. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, kuesioner, dan wawancara. Selanjutnya analisis data yaitu reduksi, penyajian, dan perivikasi data serta pengujian keabsahan data yaitu uji kredibilitas, transferbilitas, depantibilitas, dan konfirmabilitas. Diperoleh hasil penelitian 1) tingkat kesulitan guru dalam menyusun soal matematika berbasis HOTS di masa pandemi berbeda berdasarkan indikator-indikator kesulitannya, 2) guru memahami dasar membuat soal HOTS seperti level soal HOTS C4-C6 namun kesulitan menerapkannya, 3) cara guru mengatasi kesulitan yaitu belajar mandiri dari internet, diskusi antar guru, memberikan stimulus soal yang mengarah jurusan siswa SMK, dan melakukan evaluasi rapat tahunan bagi sekolah yang menerapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alhamid, Thalha and Anufia, Budur. 2019.Instrumen Pengumpulan Data. Sorong : https://doi.org/10.31227/osf.io/s3kr6.

Ariyanti, S., Warli, W. and Rahayu, P., 2019. Profil Kreativitas Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), pp.19-36.

Fikri, Alfarobi Brilian.2020.Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Soal Higher Order Thinking Skill Pada Pembelajaran Tematik Muatan IPS Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga : http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/8320

Lindawati, Theresia Apri.2019.Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Evaluasi Pembelajarn Sejarah Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Di SMA Negeri Yogyakarta. Yogyakarta : http://repository.usd.ac.id/35225/

Mukhlasin, M. and Rahayu, P., 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dimensi Tiga Pada Siswa Sma. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), pp.7-14.

Murdiyanto, Eko.2020.Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Puwarsih, Joan Hesti Gita. 2019.Kendala Calon Pendidik Dalam Membuat Soal Pilihan Ganda Higher Order Thinking. Jurnal Sosial Humaniora, pp. 12-22.

Pranatawijaya, Viktor Handrianus, et al., et al. 2019.Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika, pp. 128-137.

Prasanti, Ditha. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan . Jurnal Lontar, Pp. 13-21.

Ramadhanti, Suci.2020.Analisis Kemampuan Guru Membuat Soal Hots Muatan Pelajaran Ips Kelas Tinggi Di Sd Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Surakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiah Surakarta : Skripsi Tidak Diterbitkan.

Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif.Jurnal Alhadharah, pp. 81-95.

Sani, Ridwan Abdullah.2019.Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang : Tira Samart.

Sidiq, Umar and Choiri, Moh.Miftachul.2019.Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo : CV.Nata Karya.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Tobing, David Hizkia and dkk.2016.Metode Penelitian Kualitatif. Denpasar : https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/870ba33936829bb37ecd8f62f8514ba7.pdf.

Wahidmurni.2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UIN , pp. 1-17.

Yulaikah, W., Validity Of Numeration Akm Based Module Development To Improve Problem Solving Abilities Of Elementary School Students.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Miftahuddin, A., Nurfalah, E. dan Yuliastuti, R. (2021) “TANTANGAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL MATEMATIKA SMK BERBASIS HOTS DI MASA PANDEMI COVID 19”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), hlm. 91–100. doi: 10.55719/jrpm.v3i2.321.

Terbitan

Bagian

Articles