ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Zano Fawaid Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaluddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Zaebi Agustia Hidayatullah Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v4i1.825

Kata Kunci:

Augmented Reality, Android, Pembelajaran, Geografis

Abstrak

Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang ada di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan objek tiga dimensi pada marker, yakni sebuah pola yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai sarana pendidikan untuk siswa-siswi. Augmented Reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana siswa-siswi dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga siswa-siswi pun dapat bermain sambil belajar. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan C# berbasis Android. Aplikasi animasi Augmented Reality untuk media pembelajaran geografi dapat membaca marker pada buku yang sudah disediakan dan bisa di unduh lewat aplikasi, aplikasi animasi Augmented Reality untuk media pembelajaran geografi dapat menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat Android dan mengeluarkan suara penjelasan materinya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Khoirianti, R., Nurlifa, A., Arifia, A., & Rochmah, A. (2022). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN ORGAN MATA BERBASIS ANDROID. Curtina , 3(2), 8–17. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/curtina/article/view/574

Flavel, 2010, Beginning Blender, Apress: United States of America.

Jonathan. K, 1998, Beginning C#, C# Programming Language (330 - 354), Balckwell : New York.

Krismiaji, 2010, Sistem Informasi Akuntansi, UPP-STIM YKPN : Yogyakarta.

Mizanuddin, 2011, Unity (game engine), Stmik Amikom: Yogyakarta.

Munawar, 2005, Pemodelan Visual dengan UML (Unifield Modeling Language), Graha Ilmu: Jakarta Barat.

Nazruddin, 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika Bandung: Bandung.

Pratama, 2014, Penerapan Augmented Reality Pada Perancangan Aplikasi Taganing Batak Berbasis Andoid, Universitas Sumatera Utara: Medan.

Prof Bintarto, 1981, Metode Analisa Geografi, LP3ES: Jakarta.

Rentor, 2013, Rancang Bangun Perangkat Lunak Pengenalan Motif Batik Berbasis Augmented Reality, Universitas ATMA JAYA: Yogyakarta.

Soeherman dan Pinontoan, 2008, Designing Information System, Elex Media Komputindo : Jakarta.

T,Azuma, 1997, A Survey Of Augmented Reality, UNC : Los Angles.

Widodo, dkk, 2011, Menggunakan UML, Informatika : Bandung.

Rifa'i, M. A., Arifia, A., Amaluddin, F., & Bahtiar, H. Y. (2021). ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN OLAHRAGA VOLI. Curtina , 2(2), 14–25. https://doi.org/10.55719/curtina.v2i2.403

File Tambahan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Fawaid, Z., Arifia, A., Amaluddin, F., Muqtadir, A., & Hidayatullah, Z. A. (2023). ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ANDROID. Curtina, 4(1), 33–44. https://doi.org/10.55719/curtina.v4i1.825

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>