UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PROGRAM LINEAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.175Keywords:
Constructivism, LKS, Program LinearAbstract
The purpose of this research is to produce a valid LKS. This development research uses the Four-D model which consists of four stages, namely: a) define, b) design and c) develop and d) disseminate. But in this study only arrived at the development stage by testing the validity. The research instrument used in constructivism-based LKS was in the form of validation sheets used to assess the validity of LKS. The results of the validity study of Student Worksheets (LKS) based on constructivism by material experts get the overall average score is 75.83% with good criteria, while the validation by media experts get an overall average score of 89.72% with very good criteria. Thus the results of this development research show that constructivism based LKS mathematics in the Program Linear material meet valid qualifications.
Downloads
References
Apriani, Dian. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivis pada Materi ruang Dimensi Tiga Di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1 (1),29–38.
Fitriasari, Putri. (2013). Pengembangan LKS Berbasis Konstruktivisme Materi Garis Singgung Lingkaran Berbantuan GeoGebra Untuk Kelas VIII SMP. Palembang.
Kemendikbud. (2012). Pengembangan Kurikulum 2013. Sosialisasi Kurikulum 2013.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Matematika kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika kelas XI Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kirana, J. C. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Barisan dan Deret Kelas X Akuntansi SMKN 1 Kota Solok. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 2(1), 51-57.
Kumarawati, Dyah Hayu & Prihatnani,Erlina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Spldv Berbasis kontekstual Berbantuan SoftwareGeogebra untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Sains danTeknologi. Vol.1,No. 1, Hal. 126-131.
Nasrudin, M.W. 2019. PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KONTRUKTIVISME MELALUI MEDIA SOSIAL. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran. 4, 2 (Nov. 2019), 119-126.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan AjarInovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwati, H. and Nugroho, A. 2019. PENGUJIAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS KONSTRUK INSTRUMEN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika. 1, 1 (Apr. 2019), 1-6.
Rahayu, Puji & Ulul, Eryawan.2018. Validity of Work Sheets of Students Based onContructivism In Study of Kapita Selekta Matematika II. Tuban
Surmilasari, Nora. 2012. Pengembangan Lks Matematika Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Materi Perkalian Dua Matriks Di Kelas XII SMA, (Online), https://eprints.uny.ac.id/8523/P%20-%2067.pdf, diakses 27 Mei 2020.
Sumarni. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Zulfah & Oktaviani, Rahma. 2020. Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Konstruktivisme Materi Program LinierRiau. Jurnal Ilmiah Dikdaya, (Online), https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.1 diakses 27 Mei 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.