UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PROGRAM LINEAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.175Kata Kunci:
Konstruktivisme, LKS, Program LinearAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari empat tahap yaitu: a) define, b) design dan c) develop dan d) disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dengan uji validitas. Instrumen penelitian yang digunakan dalam LKS berbasis konstruktivisme berupa lembar validasi yang digunakan untuk menilai validitas LKS. Hasil dari validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis konstruktivisme divalidasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata secara keseluruhan adalah 75,83% dengan kriteria baik, sedangkan validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata keseluruhan 89,72% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis konstruktivisme pada materi Program Linear memenuhi kualifikasi yang valid.
Unduhan
Referensi
Apriani, Dian. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivis pada Materi ruang Dimensi Tiga Di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1 (1),29–38.
Fitriasari, Putri. (2013). Pengembangan LKS Berbasis Konstruktivisme Materi Garis Singgung Lingkaran Berbantuan GeoGebra Untuk Kelas VIII SMP. Palembang.
Kemendikbud. (2012). Pengembangan Kurikulum 2013. Sosialisasi Kurikulum 2013.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Matematika kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika kelas XI Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kirana, J. C. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Barisan dan Deret Kelas X Akuntansi SMKN 1 Kota Solok. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 2(1), 51-57.
Kumarawati, Dyah Hayu & Prihatnani,Erlina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Spldv Berbasis kontekstual Berbantuan SoftwareGeogebra untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Sains danTeknologi. Vol.1,No. 1, Hal. 126-131.
Nasrudin, M.W. 2019. PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KONTRUKTIVISME MELALUI MEDIA SOSIAL. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran. 4, 2 (Nov. 2019), 119-126.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan AjarInovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwati, H. and Nugroho, A. 2019. PENGUJIAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS KONSTRUK INSTRUMEN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika. 1, 1 (Apr. 2019), 1-6.
Rahayu, Puji & Ulul, Eryawan.2018. Validity of Work Sheets of Students Based onContructivism In Study of Kapita Selekta Matematika II. Tuban
Surmilasari, Nora. 2012. Pengembangan Lks Matematika Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Materi Perkalian Dua Matriks Di Kelas XII SMA, (Online), https://eprints.uny.ac.id/8523/P%20-%2067.pdf, diakses 27 Mei 2020.
Sumarni. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Zulfah & Oktaviani, Rahma. 2020. Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Konstruktivisme Materi Program LinierRiau. Jurnal Ilmiah Dikdaya, (Online), https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.1 diakses 27 Mei 2020
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.