MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Mutmainnah Mutmainnah
  • Edy Nurfalah

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i2.104

Kata Kunci:

PBL, Problem based learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar dan respon siswa selama proses pembelajaran dengan Model PBL dengan pendekatan ilmiah pada materi bangunan kubus, balok dan prisma di kelas VIII D MTs Gandrirojo Sedan pada tahun 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Gandrirojo Sedan berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 18 putra dan 16 putri. Teknik pengumpulan data berasal dari siswa dalam bentuk observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar dan tanggapan. Ini terlihat dari persentase aktivitas siswa yang masuk kategori aktif pada siklus I mencapai 55,88%, siklus II mencapai 79, 41%, dan siklus ketiga mencapai 91,17%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar matematika siswa pada siklus I mencapai 61,76%, pada siklus II mencapai 91,17%, dan pada siklus ketiga mencapai 100%. Respons siswa terhadap pembelajaran juga positif. Ini terlihat dari hasil kuesioner respons yang menunjukkan bahwa 97% siswa merespons positif. Untuk itu kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Zaenal. 2009. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendikia

Arifin, Zaenal. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendikia.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2009. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Darlia, Yenis. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa kelas VII SMPN 1. Banda Acehi, (Online). (https://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/, diakses 20 Maret 2018).

Husni, A.M. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SDN 3 Perumnas Way Kandis (Online). (http://digilib.unila.ac.id/1696/9/BAB%20III.pdf, diakses 1 April 2018).

Nurun Nafiah, Yunin. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar.Yogyakarta,.(Online).(http://ojs.flkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika, diakses 20 Maret 2018).

Rika, Siviani. 2017.Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. Banda Aceh, (Online). (http://jurnal.unsyah.ac.id/. diakses 20 Maret 2018).

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Zahroh, F., 2018. PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), pp.75-88.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-28

Cara Mengutip

Mutmainnah, M. dan Nurfalah, E. (2019) “MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), hlm. 23–30. doi: 10.55719/jrpm.v1i2.104.

Terbitan

Bagian

Articles