PROFIL KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.64Keywords:
creativity, problem solving, visual, auditory and kinestheticAbstract
This study aims to describe the profile of junior high school students' creativity in solving mathematical problems in terms of learning styles. The type of this research is descriptive qualitative. Research subjects are junior high school students with visual, auditory, and kinesthetic style. Research subjects were 6 students, consisting of 2 students in visual learning style, 2 auditorially-style students, and 2 students of kinesthetic learning style. The results of research are as follows: The visual creativity profile of the students in visual learning style tends to be low in solving math problems. Audience-style student creativity profiles tend to be high in solving mathematical problems. And the students' creativity profile with kinesthetic learning tends to be very low in solving math problems.
Downloads
References
Deporter, Bobbi, dan Hernacki, Mike. 2015. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa
Izzati, Nur. 2009. Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Mengembangkannya Pada Peserta Didik. Bandung. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Desember 2009. Hal 49 – 60. [online]. https://bundaiza.wordpress.com/2010/05/23/berpikir-kreatif-dan-kemampuan-pemecahan-masalah-matematis-apa-mengapa-dan-bagaimana-mengembangkannya-pada-peserta-didik-pendidikan-matematika-realistik-rme/
Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nurfalah, E., 2018. USING THE NEWMAN STAGE TO SOLVE STORY PROBLEMS THE SPACE OF FLAT SIDES. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), pp.89-97.
Polya, G.1973. How to Solve It. New Jearsey: Princeton University.
Richardo, R., Saputro, DRS., dan Mardiyana. 2014. Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.2, No.2. April 2010. ISSN: 2339-1685 Hal 141 - 151
Siswono, Tatag YE. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifi kasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA Surabaya.
Warli. 2011. Differences in Creativity Qualities Between Reflective and Impulsive Students in Solving Mathematics Problems. Proceedings of “The 6th SEAM-UGM Conference 2011” Mathematics Education, pp 569-670.
Widiyanti, Teti. 2011. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta. UIN Syrif Hidayatullah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.