PROFIL KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Penulis

  • Siti Ariyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban
  • Warli Warli
  • Puji Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.64

Kata Kunci:

kreativitas, pemecahan masalah, penglihatan, pendengaran dan gerakan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika dalam hal gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP dengan gaya visual, pendengaran, dan kinestetik. Subjek penelitian adalah 6 siswa, yang terdiri dari 2 siswa dalam gaya belajar visual, 2 siswa gaya auditorial, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Profil kreativitas visual siswa dalam gaya belajar visual cenderung rendah dalam memecahkan masalah matematika. Profil kreativitas siswa bergaya audiensi cenderung tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Dan profil kreativitas siswa dengan pembelajaran kinestetik cenderung sangat rendah dalam menyelesaikan masalah matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Deporter, Bobbi, dan Hernacki, Mike. 2015. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa

Izzati, Nur. 2009. Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Mengembangkannya Pada Peserta Didik. Bandung. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Desember 2009. Hal 49 – 60. [online]. https://bundaiza.wordpress.com/2010/05/23/berpikir-kreatif-dan-kemampuan-pemecahan-masalah-matematis-apa-mengapa-dan-bagaimana-mengembangkannya-pada-peserta-didik-pendidikan-matematika-realistik-rme/

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nurfalah, E., 2018. USING THE NEWMAN STAGE TO SOLVE STORY PROBLEMS THE SPACE OF FLAT SIDES. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), pp.89-97.

Polya, G.1973. How to Solve It. New Jearsey: Princeton University.

Richardo, R., Saputro, DRS., dan Mardiyana. 2014. Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.2, No.2. April 2010. ISSN: 2339-1685 Hal 141 - 151

Siswono, Tatag YE. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifi kasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA Surabaya.

Warli. 2011. Differences in Creativity Qualities Between Reflective and Impulsive Students in Solving Mathematics Problems. Proceedings of “The 6th SEAM-UGM Conference 2011” Mathematics Education, pp 569-670.

Widiyanti, Teti. 2011. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta. UIN Syrif Hidayatullah

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-16

Cara Mengutip

Ariyanti, S., Warli, W. dan Rahayu, P. (2019) “PROFIL KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), hlm. 19–36. doi: 10.55719/jrpm.v1i1.64.

Terbitan

Bagian

Articles